5 Kota Termahal Amerika Serikat

Vibiznews-Business), Tampaknya seperti ada tempat di mana segala sesuatu lebih mahal, dan itu memang karena ada tempat tersebut. Beberapa kota di Amerika Serikat memiliki biaya hidup sangat tinggi dibandingkan dengan apa yang dianggap rata-rata.

Ini adalah sesuatu yang sangat penting untuk dipertimbangkan ketika merencanakan bergerak. Seperti dapat diperkirakan, semakin banyak kota memberikan akses penghuni, segalanya menjadi lebih mahal karena di sekitar mereka yang ada adalah penduduk.

Beberapa kota yang dianggap paling menarik dan paling glamor juga yang paling mahal. Kota yang paling mahal didasarkan pada biaya hal-hal seperti bahan makanan, perumahan, utilitas, transportasi, perawatan kesehatan.

Adapun 5 (lima) kota di Amerika Serikat yang bisa dianggap sebagai kota-kota termahal adalah sebagai berikut :

1. New York

Kota ini memiliki peringkat sebagai kota paling mahal di Amerika Serikat dengan angka indeks 214,7. Pasalnya sangat mengejutkan ketika mengetahui harga barang dan jasa di kota ini yang mencapai dua kali lipat rata-rata nasional. Belum lagi harga properti yang rata-rata mencapai US$1,1 juta (Rp10,4 miliar) dan apartemen hingga US$3,400 (Rp 32,2 juta) per bulan.

Untuk tinggal masuk saja tentang segala sesuatu di New York lebih mahal daripada berada di tempat lain, dan inilah mengapa setiap orang yang datang ke kota ini tidak terkejut bahwa biaya tinggal di sana adalah 117 persen lebih dari rata-rata dibandingkan dengan kota lainnya. Misalnya, hanya sekedar kunjungan ke dokter umum Manhattan akan dikenakan biaya US$130 (Rp 1,2 juta) sementara di Pittsburg hanya US$69,80 (Rp 659 ribu).

Ketimpangan harga juga terlihat di bahan pokok atau kebutuhan sehari-hari. Contohnya, botol minuman ringan Coca-Cola yang berukuran dua liter, di kota ini harganya mencapai US$2,17 (Rp 20.500). Namun bandingkan dengan di Charlotte, North Carolina, harganya hanya US$1,10 (Rp 10.400).

Kebanyakan orang Amerika rata-rata tidak mampu membayar biaya hidup di New York, dikarenakan kota ini adalah rumah bagi para bintang dan orang yang sangat kaya lainnya.

2. New Jersey

Jersey City adalah kota terbesar kedua di negara bagian New Jersey dan terletak hanya lima kilometer dari kota terbesar, Newark, yang juga salah satu tempat yang paling mahal untuk tinggal di Amerika Serikat. Hal ini juga terletak satu mil dari Manhattan menyeberangi Sungai Hudson, dan memungkinkan untuk tampilan luar biasa dari Patung Liberty.

Rata-rata penduduk Amerika tinggal di kota ini. Tidak mengherankan apabila dengan jumlah kepadatan penduduk sebanyak 438 jiwa/km membuat New Jersey menjadi kota terpadat penduduknya di Amerika. Belum lagi rata-rata biaya hotel di kota ini sebesar US$450 per dua malam yang menambah mahal biaya hidup di New Jersey.

3. San Fransisco, California

Dengan biaya hidup hampir 70 persen lebih tinggi daripada rata-rata di kota lain Amerika, San Francisco mengklaim di peringkat ketiga kota termahal di Amerika Serikat. Biaya perumahan adalah yang paling mahal di San Francisco. Pasar real estat sangat kompetitif yang memungkinkan orang untuk mengisi sebanyak yang mereka inginkan untuk rumah atau apartemen.

Bagi orang yang mencoba untuk pindah ke San Francisco, mencari tempat tinggal mungkin yang akan menjadi bagian tersulit. Bayangkan saja untuk memiliki satu unit rumah saja di kota ini kita harus merogoh kocek hingga US$600 ribu (Rp 5,7 miliar).

San Francisco memiliki cuaca yang indah sepanjang tahun dan pemandangan indah dari kota ini adalah yang membuatnya begitu menarik bagi mereka yang hidup di sana, dan mereka yang ingin tinggal di sana.

4. Stamford, Conneticut

Stamford terletak 25 mil Timur Laut dari New York dan 40 mil barat daya New Haven, juga terletak di pantai Conneticut's. Biaya hidup di Stamford sekitar 63 persen lebih dari sebuah kota rata-rata di Amerika. Kondisi ini bisa dilihat salah satunya adalah tarif per malam hotel-hotel di kota ini rata-rata mencapai US$250 ( Rp 2.250.000).

Kota ini hanya sedikit lebih dari 37 mil persegi dan merupakan rumah bagi 117.000 orang. Kota ini termasuk pantai dan taman, di samping pemandangan yang indah, yang adalah sesuatu yang membuat orang-orang yang tinggal di sana pasti tidak keberatan untuk membayar. Tingkat kriminalitas di kota ini rendah dan inilah yang menjadikan kota ini lebih menarik.

5. Honolulu, Hawaii

Biaya hidup di Honolulu, Hawaii adalah sekitar 55,6 persen lebih dari biaya hidup di sebuah kota rata-rata di Amerika. Kota ini adalah rumah bagi 327.279 orang dan mereka bisa menikmati cuaca bagus serta mengagumkan terlebih keindahan pantai Honolulu yang ditawarkan oleh kota ini. Pendapatan pribadi per kapita penduduk Honolulu adalah kurang lebih dua ribu dolar lebih banyak daripada rata-rata untuk sisa negara di Amerika sebesar $ 29.960. Angka ini juga lebih tinggi daripada rata-rata per kapita dari Amerika. Bahkan angaka ini lebih tinggi daripada rata-rata pendapatan per kapita, kebutuhan yang tidak ada yang lebih murah.

Kristanto Nugroho, Komisaris BBJ, berpendapat Sebuah kota menjadi mahal tingkat biaya hidupnya karena tarikan dari pemintaan yang memang memiliki daya beli yang sangat kuat. Dengan memakai data tahun 2010, maka kota-kota yang cukup mahal terjadi seperti di Tokyo karena pendapatan per capita di Jepang telah mencapai USD 35.500 per capita, sedang Amerika mencapai USD 33.000 per capita, oleh sebab itu life style-nya sudah sangat mahal, dan hal ini sukar dipahami oleh orang Indonesia kebanyakan, yang rata-rata pendapatannya USD 600 per capita.

0 komentar: