Inilah Aquarium Terkecil di Dunia



Aquarium terkecil di dunia karya Anatoly Konenko. dailymail.co.uk
TEMPO Interaktif, Aquarium itu berisi ikan, tanaman dan batu-batu layaknya sebuah aquarium. Yang membedakan, aquarium ini hanya membutuhkan air sekitar dua sendok. Inilah aquarium terkecil di dunia. 

Pembuatnya adalah Anatoly Konenko, seorang seniman Rusia spesialis pembuat miniatur atau semua hal dalam bentuk mini. Aquarium mini ini dibuat dari kaca dan isinya ya seperti aquarium pada umumnya. 

Ukuran aquarium ini memang supermini, lebarnya 30 milimeter, tinggi 24 milimeter dan tingginya 14 milimeter dan volumenya 10 mililiter air. 

Konenko membuat aquarium ini dengan sangat hati-hati, bahkan dia memasukkan air dengan mengunakan alat suntik, sebab dia takut merusak lanskap yang telah dia buat. Untuk memasukkan ikannya, Konenko bahkan membuat jaring supermini juga. 

Selain membuat aquarium terkecil di dunia, Konenko yang telah berkutat di dunia miniatur selama 30 tahun juga tercatat sebagai pembuat buku terkecil di dunia. "Untuk aquarium ini aku membuatnya karena sangat penasaran," katanya. 

Tiap membuat karya mini Konenko selaluy menggunakan mikroskop. Dia sudah mendapat banyak penghargaan di Rusia dan dunia. Namanya juga tercatat di Guinness Worlds Records.

0 komentar: